MENUJU MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK
JAPFA BANGUN SDN 6 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

Padang, 15 Desember 2009

Sudah lewat beberapa waktu setelah gempa yang melanda kota Padang, 30 September 2009 silam. Namun, kepedihan masih tersisa di hati masyarakat, terutama karena kehilangan tempat tinggal dan orang-orang yang dicintai. Kerusakan yang ditimbulkan begitu besar sehingga melumpuhkan banyak aktivitas, termasuk aktivitas belajar para murid sekolah.

Sadar akan pentingnya pendidikan bagi generasi penerus, dan keinginan untuk membantu masyarakat Padang untuk bangkit dari keterpurukan, PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) membangun kembali SDN 6 Batang Anai yang sebelumnya runtuh akibat gempa. Terletak di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, SDN 6 Batang Anai dibangun di areal seluas 3300 M2. ”Melalui pendidikan, kita membekali generasi penerus dengan ilmu. Dengan ilmu, kita dapat bangkit dari keterpurukan dan menatap masa depan yang lebih baik”. Seperti yang diungkapkan oleh Herry Wibowo, yang mewakili manajemen JAPFA disela-sela peletakan batu pertama pembangunan SDN 6 Batang Anai, 15 Desember 2009.

Sebelumnya, tak berapa lama seusai gempa, JAPFA juga telah memberikan bantuan melalui JAPFA Peduli, senilai Rp. 220 Juta, berupa bantuan bahan kebutuhan pokok, yang dibagikan kepada 600 Kepala Keluarga (KK) yang berada disekitar lokasi pabrik JAPFA. Bantuan dibagi menjadi tiga tahap, dengan rincian masing-masing paket bantuan berisi 10 Kg beras dan 10 bungkus mie instant untuk tahap pertama. Selanjutnya untuk tahap kedua diberikan paket 10 Kg beras, 10 bungkus mie instant, 10 bungkus kopi instant, satu kaleng susu kental manis, serta 24 gelas air mineral. Paket tahap ketiga yang dibagikan terdiri dari satu toples sosis So Nice, 20 bungkus mie instant, 10 bungkus kopi instant, satu kotak teh celup, dan 24 gelas air mineral.

Untuk dapat memberikan bantuan yang lebih besar lagi, melalui penjualan produk susu Real Good yang diproduksi perusahaan, JAPFA juga telah memberikan bantuan senilai Rp. 1 Miliar, yang disalurkan bekerjasama dengan Yayasan Obor Indonesia (OBI) November lalu. Dalam pidatonya, Herry Wibowo mengatakan ”Apa yang dilakukan oleh JAPFA, merupakan bentuk kecil kepedulian terhadap sesama, dan keberlangsungan generasi penerus, yaitu anak-anak usia sekolah”. Selain SDN 6 Batang Anai, Padang, JAPFA telah membangun beberapa sekolah di lokasi yang juga terkena bencana yaitu, SDN Segoroyoso, Bantul, Yogyakarta, dan SDN 54 Banda Aceh.

Kepedulian sosial telah menjadi bagian penting kegiatan manajemen dan karyawan JAPFA. Jika terjadi musibah, karyawan ikut mengumpulkan dana sesuai kesanggupan masing-masing untuk berbagi dengan masyarakat yang tertimpa musibah. Manajemen kemudian juga akan ikut memberi bantuan yang signifikan dalam kegiatan sosial semacam ini.

Kepedulian ini juga terlihat dari upaya perusahaan untuk meningkatkan asupan gizi bagi anak-anak sekolah yang tidak mampu. ”Kami membagikan paket JAPFA4Kids disembilan propinsi dan 19 kabupaten/kotamadya dengan jumlah murid sudah mencapai lebih dari 15.000 murid yang berisikan alat-alat pelajaran serta sejumlah produk perusahaan seperti telor, susu, sozzis, dan buku cerita serta alat-alat tulis,” tutur Vice President Public Relations JAPFA R. Artsanti Alif. Juga training 5S (Seiri/pilah, Seiton/tata, Seiso/bersihkan, Seiketsu/mantapkan, Shitsuke/biasakan), yang diikuti seluruh kepala sekolah, guru dan juga penjaga sekolah sejumlah 800 guru dalam upaya untuk meningkatkan pengelolaan manajemen sekolah yang baik. ”Dengan peningkatan pemahaman mengenai tata kelola sekolah yang baik diharapkan kegiatan pendidikan dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan dan berjalan baik,” tutur Artsanti. Pelaksanaan 5S itu sendiri sudah merupakan standar baku dalam kegiatan operasi di sejumlah organisasi moderen terkemuka.

Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan sejak tahun 2008 dan terus dikembangkan ke sejumlah propinsi lain di mana perusahaan beroperasi. Melalui kegiatan sosial semacam ini JAPFA menegaskan komitmennya untuk terus mendukung anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan dapat belajar dengan baik. JAPFA adalah salah satu perusahaan agrobisnis terkemuka di Indonesia. Selain usaha perunggasan termasuk pakan ternak, JAPFA juga memiliki unit usaha budidaya perairan, pembibitan dan penggemukan sapi, juga produk konsumen. Untuk produk konsumen, JAPFA merupakan produsen daging olahan dengan merek SO GOOD, sosis siap makan dengan merek SOZZIS, daging segar dengan merek SANTORI BEEF dan TOKUSEN WAGYU BEEF dan distributor susu bantal REAL GOOD. Merek-merek produk konsumen ini sudah sangat akrab di mata masyarakat. Tak heran jika SO GOOD memperoleh penghargaan sebagai merek terbaik tahun 2005 dan 2006 untuk kategori produk konsumen dari Mars Marketing Research dan majalah SWA. Sementara SOZZIS juga menjadi merek terbaik tahun 2006 dan juga tahun 2008 ini. Tahun 2009, SO GOOD untuk kategori makanan dan minuman anak jenis Nugget dan Sosis, SOZZIS memperoleh Top Brand for Kids berdasarkan survei yang juga dilakukan oleh Frontier Consulting Group bekerjasama dengan majalah Marketing. Bulan Juli 2009 ini kembali SOZZIS dan SO GOOD memperoleh penghargaan ”TOP BRAND 2009” dari Majalah Marketing bersama Frontier Consulting Group dan ”INDONESIA BEST BRAND 2009 ” dari majalah SWA bersama lembaga penelitian MARS.