Tingkatkan Kapasitas Peternak Mitra, JAPFA Berkolaborasi dengan Perbankan Berikan Fasilitas KUR

1 September 2020

Malang, 1 September 2020 – Hari ini, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk melalui anak usahanya, PT Santosa Agrindo (Santori), bersama dengan Bank Central Asia (BCA), Bank Perkreditan Rakyat Karya Perdana Sejahtera (BPR KPS) dan peternak mitra menandatangani penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) khususnya di sektor produktif bagi peternak sapi Usaha Mikro dan Menengah (UMKN) di Bumi Kemitraan PT Santosa Agrindo (Santori), Gunung Kawi, Malang.

Safuan Kasno Soewondo, Head of Cattle Fattening Santori mengatakan, “Kolaborasi dengan perbankan ini dilakukan JAPFA untuk meningkatkan populasi dan produk ternak sapi nasional. Dimana secara tidak langsung hal tersebut juga berdampak pada pemberdayaan peternak lokal dan peningkatan ekonomi daerah.”

Dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama tersebut, BCA akan menyerahkan KUR dengan total Rp 6,8 Miliar melalui BPR KPS sebagai mitra Santori. Di tahap awal, akan ada 12 peternak mitra yang diberikan fasilitas pinjaman KUR dengan bunga 6% per tahun untuk membeli pedet Santori berusia 4 bulan, dengan berat rata-rata sebesar 140-150 kg/ekor.

Berbeda dengan program Kemitraan sebelumnya, kali ini Santori menyediakan pendampingan dan fasilitas kandang di Bumi Kemitraan Santori, Gunung Kawi, Malang. Berdiri di atas lahan seluas 1,7 hektar, fasilitas ini didedikasikan untuk menjadi area pengggemukan bagi sapi-sapi peternak mitra. Setelah 8 bulan proses penggemukkan, nantinya sapi-sapi tersebut akan dibeli kembali oleh Santori ataupun pihak lainnya. Pada tahap pertama, akan ada 100 ekor sapi F1 Nelore untuk program Kemitraan ini, dengan total target sebanyak 400 ekor sapi.

“Dengan adanya pendampingan dan pengawasan dari tim Santori, diharapkan sapi-sapi tersebut dapat dibesarkan sesuai standar yang berlaku, serta dapat dikontrol pemberian pakan dan penggunaan perlengkapan lainnya. Dengan begitu kualitas sapi akan terjamin, yang nantinya akan membuat harga jual sapi menjadi lebih tinggi. Selain itu, di Bumi Kemitraan Santori ini, kami juga mengedukasi peternak mitra mengenai cara beternak sapi yang baik. Kami berharap program ini dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas peternak lokal,” jelas Safuan.

Sistem Kemitraan Sapi Santori ini juga dapat meminimalisir peternak dari resiko kesulitan menjual kembali sapi-sapinya dan kematian sapi yang dapat terjadi secara mendadak. Karena pada prinsipnya program Kemitraan ini dirancang JAPFA untuk membantu para peternak agar dapat berkembang bersama menuju kesejahteraan.

close
Back to Top