JAPFA Tegaskan Komitmennya Dukung Kemandirian Pangan dengan Resmikan Fasilitas Penetasan Telur Ayam (Hatchery)

22 Agustus 2019

Bintan, 22 Agustus 2019 - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) kembali lakukan ekspansi bisnis, melalui anak usahanya PT Indojaya Agrinusa (Indojaya) dengan resmikan fasilitas penetasan telur ayam (hatchery) yang berlokasi di Teluk Bintan, Kepulauan Riau (22/08). Fasilitas terkini dengan nilai investasi sekitar Rp50 miliar ini berdiri di atas lahan seluas 38.000 m2.

Dibangun sejak tahun 2018 lalu, fasilitas ini ditujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang terus meningkat, khususnya di wilayah Kepulauan Riau. Oleh karena itu, nantinya Day Old Chicken (DOC) broiler yang dihasilkan akan didistribusikan kepada peternak di wilayah Tanjung Pinang, Batam, Tanjung Batu, dan Tanjung Balai Karimun.

Anwar Tandiono (Acai), Head of Feed Operation Unit Medan & Padang mengatakan, “Fasilitas hatchery yang kami bangun ini merupakan wujud komitmen JAPFA untuk dapat membantu peternak lokal dalam menyediakan anak ayam broiler yang berkualitas dan mendukung kemandirian pangan khususnya dalam penyediaan pasokan protein hewani bagi masyarakat. Lebih jauh dari itu, fasilitas ini merupakan cerminan dari kontribusi kami untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan visi perusahaan; Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama.”

Dalam mendukung pemerintah mewujudkan kemandirian pangan, JAPFA telah banyak melakukan kegiatan yang merangkul peternak lokal. Secara konsisten JAPFA terus melakukan berbagai pengembangan dan terobosan dalam bidang teknologi peternakan. JAPFA kemudian memberikan pendampingan kepada mitra-mitra peternak agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Acai juga menyampaikan bahwa fasilitas hatchery ini menyerap lebih dari 80% tenaga kerja lokal. “Di JAPFA, kami tidak hanya memberikan dukungan kepada pemerintah melalui penyediaan pasokan protein hewani yang berkualitas dengan harga terjangkau, namun kami juga mendukung pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan lapangan pekerjaan,” pungkas Acai.

Penyerapan tenaga lokal ini mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Pembangunan Hatchery di kabupaten Bintan dinilai dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk bersama memajukan perekonomian daerah. Bupati Bintan, H. Apri Sujadi turut hadir dan mengatakan dalam pidatonya, “Kami berharap, PT JAPFA dapat terus mengembangkan investasinya di kabupaten Bintan. Potensi yang kita lihat kedepan salah satunya ialah bagaimana industri menciptakan peluang dan tantangan yang dapat disinergikan dengan pemerintah daerah dalam rangka memajukan perekonomian di daerah ini. Hal tersebut tentu sangat kami harapkan,” jelas Apri.

PT Indojaya Agrinusa merupakan salah satu anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang bergerak dalam bidang agribisnis, dengan memiliki lini kegiatan produksi pakan ternak, pembibitan ayam dan Kemitraan budidaya ayam broiler (pedaging), serta budidaya perairan. Dalam menjalankan operasinya, Indojaya melakukan kegiatan produksi yang ramah lingkungan dan kepedulian terhadap pengembangan masyarakat.

close
Back to Top