JAPFA Bersama DLH Provinsi Sumatera Utara Bersihkan Danau Toba

30 June 2020

Simalungun, 30 Juni 2020 – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk melalui anak usahanya PT Suri Tani Pemuka (STP) lakukan kegiatan membersihkan Danau Toba bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan bertajuk “Clean Up Danau Toba” ini dilakukan di wilayah Tigaras dan Salbe untuk mendukung program pelestarian lingkungan hidup, serta pemulihan kualitas air Danau Toba yang merupakan aksi nyata perusahaan dari pelaksanaan prinsip 3P (People, Planet, Profit).

Sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu, “Clean Up Danau Toba” dilakukan untuk membersihkan sampah dan limbah padat di sekitar permukaan danau. Tidak hanya bekerja sama dengan DLH Provinsi Sumatera Utara, namun seluruh masyarakat sekitar pun turut terlibat dalam aksi bersih-bersih Danau Toba.

“Kebersihan Danau Toba merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, masyarakat maupun perusahaan. Oleh karenanya, kita harus bersinergi secara aktif untuk memberikan kontribusi nyata demi kebersihan dan kelestarian Danau Toba,” ujar Binsar Situmorang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. JAPFA juga sediakan 100 masker yang dibagikan kepada seluruh peserta. Hal ini mendapatkan apresiasi yang disampaikan Binsar kepada JAPFA, tidak hanya atas inisiatif JAPFA pada kegiatan kali ini, namun juga atas kontribusi perusahaan di tengah kondisi saat ini.

Imam Santoso, Deputy Head of Tilapia Operation Simalungun menyatakan, “Kegiatan ini bukanlah kali pertama JAPFA berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, namun sejak tahun 2017 JAPFA secara rutin telah berpartisipasi dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar”.

Kegiatan lain yang dilakukan JAPFA dalam mendukung kelestarian lingkungan diantaranya menginisiasi program Gerakan Aksi Untuk Lingkungan sejak 2017 bekerjasama dengan Satuan Karya Pramuka (SAKA) KALPATARU, pelatihan pengolahan pupuk organik cair dari limbah sisa produksi, penghijauan di Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba seluas 20 Ha melalui penanaman 11.000 pohon, pemasangan Filter Air Bersih, serta pelaksanakan kegiatan JAPFA for Kids Go Green yang menyasar anak usia sekolah dasar.

“Selain berbagai insiatif sosial tersebut, dalam menjalankan bisnisnya JAPFA juga selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan pola budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” tutup Imam.

close
Back to Top